Pengaruh Strategi Pembelajaran Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Al-Jauhariyah Jakarta Timur
Abstract
Gencarnya arus globalisasi saat ini ternyata menimbulkan dampak terjadinya pergeseran prilaku/moral anak-anak didik kita yang begitu cepat. Akhir-akhir ini kita sering melihat kasus-kasus kenakalan remaja,dari minuman keras sampai tindak kekerasan cukup meningkat, kasus-kasus yang berkembang akhir-akhir ini sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari kondisi lingkungan yang mungkin remaja-remaja kita telah melakukan hal hal semacam itu. Walaupun penelitian secara khusus bagaimana dampak berkembangnya media Audio Visual saat ini terhadap prilaku anak-anak didik kita belum banyak, namun kenyataan yang kita lihat dan kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari pengaruh media Audio visual tampak jelas.
Film-film yang terlalu tersuguh di ruangan anak didik kita banyak mengajarkan perilaku yang sesungguhnya tidak sesuai dengan perilaku moral agama islam Anak-anak didik kita pada saat ini selalu di suguhi dengan film-film kekerasan, film-film yang mengajarkan kita percintaan yang mengarah kepada kebebasan bergaul pria dan wanita.
Motivasi belajar yang dimiliki berbeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Hal ini dapat di pengaruhi dengan dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun yang termasuk antara factor internal
adalah kecerdasan, bakat dan minat, sedangkan yang termasuk faktor eksternal adalah keluarga,sekolah dan masyarakat.
Sekolah adalah salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, karena di sekolah terhadap pelajaran Agama islam yang ajarannya benar-benar fleksibel dan responding terhadap tuntunan hidup manusia yang semakin maju dan modern di segala aspek kehidupan di bidang IPTEK yang terus maju dan berkembang sehingga perlu bersikap dan berkeyakinan bahwa IMTAK dan IPTEK dalam bersama-sama dalam membangun struktur kehidupan yang lebih baik.
Tantangan guru Agama Islam pada umumnya, guru Agama Islam MTs Al-Jauhariyah khususnya di era globalisasi saat ini cukup besar Oleh karena itu peranan guru Agama Islam sangat dibutuhkan untuk mengatasi anak didik kita di era globalisasi pada saat ini.
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah membiasakan mereka sejak dini untuk melakukan aktifitas-aktifitas yang bernafaskan islam dalam setiap aspek kehidupannya dan disini peran tauladan contoh prilaku guru Agama Islam teramat penting dengan menanamkan nilai-nilai ibadah sosial, mereka akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang menyelamatkan dan mana menjerumuskan. Dia tidak akan terbawa oleh arus area globalisasi saat ini yang sarat akan nilai-nilai Materialisme Rasionallisme.
Untuk mencapai tujuan tersebut tidak mudah, karena tidak terlepas dari kemampuan yang harus dimiliki oleh para guru dalam strategi pembelajarannya, karena strategi yang baik adalah apabila dapat menghasilkan metode yang baik pula sebab metode adalah salah satu pelaksanaan strategi.
Adapun Tujuan dari Strategi pembelajaran adalah Untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Agama Islam di MTs Al-Jauhariyah Jakarta Timur, Bagaimana Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Jauhariyah Jakarta Timur,Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Strategi Pembelajaran Agama Islam dengan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al Jauhariyah Jakarta Timur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.